Kamis, 05 Januari 2012

MORFOLOGI

Morfologi merupakan bagian dari ilmu bahasa atau linguistic. Ilmu bahasa secara singkat dapat dijelaskan sebagai ilmu yang mempelajari seluk-beluk bahasa secara ilmia, atau secara scilentific. Seperti halnya ilmu-ilmu lain, ilmu bahasa bersifat umum, maksudnya tidak terikat pada suatu bahasa.

1.    APAKAH MORFOLOGI ITU?

Disamping kata sepeda terdapat kata bersepeda, sepeda-sepeda, sepeda motor : disamping kata rumah terdapat kata berumah, perumahan, rumah-rumah, rumah sakit. Dari kata-kata tersebut dapat dikemukakan bahwa kata sepeda terdiri dari satu morfem, sama halnya dengan kata rumah ; kata bersepeda terdiri dari dua morfem ialah morfem ber- sebagai afiks, dan morfem sepeda sebagai bentuk dasarnya. Demikian pula dengan kata berumahmasing-masing terdiri dari dua morfem ialah morfem ber- sebagai afiks, dan rumah sebagai morfem bentuk dasarnya. 

Perubahan-perubahan bentuk kata menyebabkan adanya perubahan golongan dan arti kata. Golongan kata sepeda tidak sama dengan golongan kata bersepeda. Kata sepeda termasuk golongan kata nominal, sedangkan kata bersepeda termasuk golongan kata verbal.

Dengan ringkas dapat dikatakan bahwa morfologi ialah bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan atau yang mempelajari seluk-beluk kata serta pengaruh perubahan-perubahan bentuk kata terdapat golongan dan arti kata, atau beluk-beluk bentuk kata serta fungsi perubahan=perubahan bentuk kata itu, baik fungsi gramatik maupun fungsi semantic.rupa kata.

2.    MORFOLOGI DAN SINTAKSIS

Baik morfologi maupun sintaksis merupakan bagian dari ilmu bahasa. Morfologi mempelajari seluk-beluk bentuk kata. Satuan yang paling kecil yang diselidiki oleh morfologi ialah morfem, sedangkan yang paling besar berupa kata. Berbeda dengan sintaksis, sedangkan sintaksis yang mempelajari hubungan antara kata/ frase/klausa/kalimat yang satu dengan frase/ klausa/ kalimat yang lain, atau tegasnya mempelajari seluk-beluk frase, klausa, kalimat dan wacana. Jadi, kata yang dalam morfologi merupakan satuan yang paling besar, dalam sintaksis merupakan satuan yang paling kecil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar